06 March 2009

Hakikat Berbicara

Secara umum, berbicara merupakan proses penuangan gagasan dalam bentuk ujaran-ujaran. Ujaran-ujaran yang muncul merupakan perwujudan dari gagasan yang sebelum berada pada tataran ide.

Ada beberapa hal yang perlu diungkapkan berkaitan dengan batasan berbicara, yaitu.
1. Berbicara merupakan ekspresi diri
2. Berbicara merupakan kemampuan mental motorik
3. Berbicara terjadi dalam konteks ruang dan waktu
4. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang produktif

Tujuan utama berbicara adalah untuk menuangkan gagasan-gagasan pembicara kepada pendengar dengan media bahasa lisan. Secara khusus tujuan berbicara antara lain memberi informasi, menyatakan diri, mencapai tujuan, berekspresi, menghibur dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan berbicara dikelompokkan berdasarkan situasi, yakni berbicara dalam situasi nonformal dan berbicara dalam situasi formal. Berbicara nonformal atau berbicara dalam situasi nonformal tidak seketat berbicara formal. Jika berbicara formal dibatasi ruang dan waktu, situasi dalam berbicara nonformal tidak terbatas ruang dan waktu. Dimanapun kegiatan berbicara dapat dilangsungkan tanpa harus ada persiapan sebelumnya.

Comments :

1

ini nama penulis aslina siapa yach?saya butuh buat referensi soalna...buat skripsi.msak di skripsi sya tulis the iphin..mhon ditulis nama aslina yach...@.@ trims

Anonymous said...
on 

Post a Comment

freedom to speak