01 January 2009

Hakikat menyimak

Mendengar, mendengarkan, dan menyimak memiliki makna yang berbeda. Di dalam kegiatan mendengar belum terdapat unsur kesengajaan untuk menyimak bunyi-bunyi yang didengarkannya, sedangkan dalam kegiatan mendengarkan sudah terdapat unsur kesengajaan dan tujuan tetapi belum terdapat unsur pemahaman. Berbeda dengan kegiatan mendengar dan mendengarkan, di dalam kegiatan menyimak sudah terdapat unsur kesengajaan, tujuan dan pemahaman.

Kegiatan menyimak memiliki manfaat yaitu memperlancar komunikasi, memperoleh informasi untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman tentang kehidupan, dan sebagai dasar belajar bahasa. Untuk dapat menyimak dengan baik, maka kita harus memperhatikan faktor-faktor menyimak, yaitu alat dengar dan alat bicara, situasi dan lingkungan, konsentrasi, pengenalan tujuan pembicaraan, pengenalan paragraf atau bagian pembicaraan dan pengenalan kalimat-kalimat inti pembicaraan, kesanggupan menarik kesimpulan dengan tepat, memiliki intelegensi yang tinggi, dan latihan yang teratur.

Membedakan fonem dalam konteks, menangkap maksud tuturan dalam sebuah kalimat, menentukan kesalahan pengucapan sebuah kata, menangkap isi sebuah percakapan, menangkap isi wacana karya ilmiah dan nonilmiah, merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk berlatih keterampilan menyimak.

Comments :

0 komentar to “Hakikat menyimak”


Post a Comment

freedom to speak