29 December 2008

Keterampilan Berbahasa Indonesia

Terampil bahasa indonesia artinya terampil menggunakan bahasa indonesia dalam komunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Keterampilan bahasa lisan meliputi menyimak dan berbicara, sedangkan keterampilan berbahasa tulis meliputi membaca dan menulis. Dilihat dari sifatnya, keterampilan menyimak dan membaca bersifat reseptif yaitu menerima atau memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara atau penulis, sedangkan berbicara dan menulis bersifat produktif, artinya menghasilkan pembicaraan atau tulisan

Menyimak memiliki sifat interaktif dan noninteraktif. Menyimak interaktif adalah menyimak dengan melakukan tanya jawab dengan pembicara atau dengan penyimak yang lain. Menyimak interaktif jarak jauh dilakukan ketika pelaku bahasa melakukan kegiatan bertelepon. Menyimak noninteraktif adalah kegiatan menyimak yang tidak disertai dengan tanya jawab atau interaktif antara pembicara dan penyimak.


Sebagai keterampilan berbahasa tulis yang bersifat reseptif, kegiatan membaca bertujuan memahami isi bacaan. Pemahaman dalam membaca dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu:
1. Pemahaman literal
2. Interpretasi
3. Membaca kritis
4. Membaca kreatif

Berbicara adalah kegiatan menyampaikan pesan kepada orang lain (penyimak) dengan media bahasa lisan. Suhendar (1992:20) mendefinisikan, berbicara adalah proses perubahan wujud pikiran/perasaan menjadi wujud ujaran.

Keterampilan berbahasa yang bersifat produktif lainnya adalah menulis. Jika pada ketermapilan berbicara orang menyampaikan pesan, gagasan, atau buah pikiran dengan menggunakan bahasa lisan, dalam menulis pesan disampaikan penulis melalui bahasa tulis. Seperti halnya pada berbicara, menulis juga memrlukan proses. Untuk memperoleh tulisan yang baik penulis juga harus tahapan-tahapan, yaitu, tahap pra penulisan, tahap penulisan, dan tahap pasca penulisan.

Setiap keterampilan berbahasa memiliki hubungan satu dengan yang lainnya dan saling mendukung. Keterampilan berbahasa reseptif yang dimiliki seorang dalam memperoleh dan meningkatkan keterampilan berbahasa produktif. Tidak ada cara lain untuk memperoleh keterampilan berbahasa, baik reseptif dan produktif yaitu dengan cara berlatih dan berlatih secara berkesinambungan.

Comments :

0 komentar to “Keterampilan Berbahasa Indonesia”


Post a Comment

freedom to speak