11 March 2009

Konsep Menulis

Menulis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh si penulis sebagai penyampai pesan untuk menyampaikan gagasan atau ide kepada si peneri pesan (pembaca) melalui media bahasa tulis dengan tujuan agar penerima pesan (pembaca) memahami gagasan atau ide yang disampaikannya itu sesuai dengan maksud si penyampainya.

Kegiatan menulis digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya mencatat, merakam, melaporkan, menginformasikan, meyakinkan, dan mempengaruhi pembaca. Agar tulisan itu dapat dipahami pembaca dengan baik, penulis harus pandai memilih kata, menyusunnya dalam kalimat dan bahasa yang tertib, serta pengorganisasian tulisan yang baik agar ide atau gagasan penulis tersampaikan dengan baik dan dipahami pembacaanya dengan baik pula.

Ketika membuat sebuah tulisan, seorang penulis pasti berharap agar tulisannya itu bisa dipahami oleh orang lain sejelsa maksud yang terkandung dalam pikirannya. Oleh karena itu, penggunaan kalimat efektif menjadi bagian yang amat penting dalam menuangkan gagasan. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan informasi kepada pembaca sejelas dan seakurat pikiran atau gagasan penulisnya. Untuk menyusun sebuah kalimat efektif, penulis perlu memperhatikan beberapa hal seperti kesepadanan dan kesatuan, kesejajaran bentuk, penekanan, kehematan, dan kevariasiaan dalam struktur kalimat.

Comments :

0 komentar to “Konsep Menulis”


Post a Comment

freedom to speak