11 November 2008

Latar Belakang Tannas Indonesia

Bangsa Indonesia mengalami penjajahan yang cukup lama, perlawanan demi perlawanan dilakukan, tetapi tidak pernah berhasil karena tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam mengusir penjajah (Belanda, Inggris, Portugis, dan Jepang). Kendatipun kemerdekaan telah diproklamasikan, perlawanan terhadap penjajah yang ingin menguasai kembali Indonesia terus dilanjutkan dengan perjuangan bersenajata dan diplomasi. Perjuangan bangsa Indonesia tidak bisa dipadamkan sampai negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi kenyataan.

Perjuangan mengusir penjajah dan menghadapi berbagai macam bentuk konflik di dalam negeri namun tetap membuat membuat Negara Kesatuan Republik Indonesia tegak berdiri karena mempunyai keuletan atau kemampuan dan ketangguhan untuk mempertahankan diri sebagai bangsa yang merdeka.

Hal inilah yang melahirkan konsep tannas. Tannas adalah kondisi dinamik yang merupakan integrasi dan kondisi tiap-tiap aspek kehidupan bangsa dan negara. Pada hakikatnya, tannas adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara. Untuk tetap memungkinkan berjalannya pembangunan nasional yang selalu harus menuju ke tujuan yang ingin kita capai dan agar dapat secara efektif dihancurkan ancaman-ancaman, diatasi tantangan-tantangan, dilenyapkan hambatan-hambatan, dan gangguan-gangguan yang timbul, baik dari luar maupun dalam, perlu dipupuk terus-menerus. Tannas meliputi segala aspek kehidupan bangsa dan negara.

Berhasilnya pembangunan nasional akan meningkatkan tannas. Selanjutnya, tannas yang tangguh akan lebih mendorong lagi pembangunan nasional.



Comments :

0 komentar to “Latar Belakang Tannas Indonesia”


Post a Comment

freedom to speak