07 April 2009

Hakikat dan Unsur Dasar Wawasan Nusantara

Wasantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sesuai dengan pancasila dan UUD 1945 yang dilatarbelakangi oleh keadaan geografis negara, serta sejarah yang dilayaninya dan lingkungan strategik di sekitarnya. Jadi pada dasarnya, Wasantara merupakan perwujudan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan.

Wasantara merupakan landasan dalam menyusun, meningkatkan serta membina Tannas yang perwujudan dilaksanakan melalui pembangunan pada segala kehidupan nasional. Landasan hukum Wasantara ialah TAP MPR sejak 1973-1993. Tujuan Wasantara ke dalam ialah mempersatukan bangsa Indonesia dalam semua aspek kehidupan nasionalnya dan ke luar, ikut serta dalam upaya penertiban dunia.
Unsur dasar Wasantara meliputi wadah RI yang berwujud Nusantara, isi yang berupa falsafah Pancasila, dan tata laku yang tertuang dalam UUD 1945. Ajaran Wasantara ialah wujud dan isi kepribadian bangsa, yang hendak mewujudkan diri dalam lingkungan Nusantara yang sarwa Nusantara menurut cara-cara Indonesia di dalam kehidupan yang sarwa pula. Ikhtisar unsur dasar Wasantara.

Comments :

0 komentar to “Hakikat dan Unsur Dasar Wawasan Nusantara”


Post a Comment

freedom to speak