20 May 2009

Selamat Hari Kebangkitan Nasional

Hari kebangkitan nasional adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Masa bangkitnya persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdakaan Indonesia. Tapi sayang, anak-anak muda jaman sekarang mulai lupa akan sejarah sehingga mereka lupa (bahkan tidak mempunyai) rasa nasionalisme yang kuat. Mereka sibuk memikirkan urusan sendiri tanpa pernah berfikir betapa indahnya dunia bila bisa bersatu.

Bersatu bukan berarti kita harus seragam. Nah biasanya ada pemahaman yang keliru disini. Masyarakat kita mencintai keseragaman dan kurang menghargai sosok2 idealis or individualis. Padahal perbedaan bukan menjadi alasan untuk bisa bersatu. Tugas kita adalah menjadi seorang rebel. Ya,Rebel, Pemberontak…. What`s came up in your head when you hear this word? Melawan orang tua? Mabuk-mabukan? Ngamen di jalan lalu memecahkan kaca mobilmu? Well, no matter what you do.

Menjadi seorang rebel memang susah untuk hidup di Indonesia, for real, tapi disanalah letak art of the rebellion-nya. Sesuatu yang memerlukan pengorbanan karena masyarakat kita masih cenderung melihat sisi negatif dari seorang rebel [di cap sok kebarat-baratan dll]. Padahal menjadi rebel bukanlah hal yang 100% salah. Tergantung apa yang kamu lawan. Misalnya, kamu benci melihat sinetron-sinetron Indonesia yang mewah, dangkal dan mudah ditebak, lalu kamu bikin sebuah film dokumenter ttg bagaimana sinetron-sinetron tersebut membodohi masyarakat kita yang mayoritas masih hidup dibawah garis kemiskinan. Itu sebuah pemberontakan yang pintar.

Jadilah seorang counter-culture with a big heart, yang bertanggung jawab, respect terhadap keluarga, teman, lingkungan dan bumi pertiwi. Jangan sampai terjebak menjadi seorang rebel bodoh yang hanya mengejar status sosial. Selamat hari kebangkitan nasional.(20 Mei 2009)

Comments :

0 komentar to “Selamat Hari Kebangkitan Nasional”


Post a Comment

freedom to speak